Info Wisata Di Gunung Batu, Gunung Mungil nan Cantik di Jonggol-tipscara

Tips-Cara Bogor, merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang populer dengan wisata Puncaknya, Bogor juga memiliki julukan �Kota Hujan� dinamakan Kota Hujan karena curah hujan di Bogor amat sangat tinggi, bahkan ketika musim kemarau pun Bogor masih tetap dilanda hujan.


foto pemandangan di puncak gunung batu jonggol
pemandangan di puncak gunung batu. foto : windynmanurung



Namun dibalik semua cerita tentang hujan, ternyata Bogor menyimpan banyak sekali tempat wisata terutama wisata alam yang keren lho, salah satu wisata alam di Bogor selain Puncak yang memiliki pemandangan indah adalah Gunung Batu.

Gunung Batu terletak di Jonggol, sebuah Kecamatan di Bogor yang kian populer setalh namnya muncul di sebuah lirik lagu comedy dari Trio Ubur-Ubur, Gunung Batu sendiri memiliki ketinggian sekitar 875 Mdpl.

Tak terlalu tinggi memang, tapi jangan salah, pemandangan di kawasan ini sangat indah lho, karena itu Gunung Batu sangat cocok bagi pemula, hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 1 jam kita sudah bisa sampai di Puncak Gunung Batu, dengan syarat kamu berjalan cukup cepat.

Gunung Batu bisa menjadi alternatif tempat camping seru di Bogor dikala gunung-gunung tinggi sudah mulai ramai oleh pengunjung, selain itu kawasan Gunung Batu juga sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi alam (landscape), Gunung Batu menawarkan pemandangan alam Bogor yang terlihat hijau nan menyegarkan mata.


foto gunung batu jonggol bogor
unik ya gunungnya. foto : fibriant_achmad



Di Gunung Batu terdapat 3 lokasi camping ground yang cukup populer, pertama setelah rawa-rawa kecil, kedua di dekat jalur pendakian gunung batu tepatnya di ladang warga, ketiga di shelter II gunung Batu, nah tinggal sesuaikan saja mana favoritmu, bagi kamu yang ingin melihat sunrise di puncak, disarankan lebih baik camp di Shelter II.

Walaupun terbilang cukup pendek, namun jalur pendakian Gunung Batu bisa dibilang cukup ekstrim lho, kamu akan dipaksa berjalan sedikit membungkuk sebab jalur yang kita lewati cukup kecil dan berbatu, apabila kamu pernah mendaki di Gunung Ungaran, Semarang, kamu bisa membayangkan seperti apa jalurnya.

Puncak Gunung Batu cukup sempit, jadi akan sedikit susah ketika ramai oleh pendaki, dari puncak kita akan disajikan pemandangan alam Bogor dan view gunung Gede-Pangrango yang terlihat berdiri gagah didepan mata.



foto keren gunung batu jonggol bogor
spot fotogenik banget nih. foto : loserwild.id



Rute Menuju Gunung Batu

Akses menuju Gunung Batu cukup mudah, dari Jakarta kamu bisa ambil arah menuju Cileungsi, lalu lanjutkan perjalanan menuju Jonggol, apabila sudah sampai Citra Indah berarti kamu sudah dekat dengan pertigaan yang jika ke kiri menuju Cariu (ada Indomaret dan pom bensin) dan jika lurus akan mengarah ke kota Jonggol.

Patokannya adalah SDN Mengker, nah jika kamu sudah bertemu asrama TNI AD, itu tandanya SDN Mengker sudah terlewat. Silahkan putar arah dan jalan pelan-pelan ya, karena SDN Mengker tak jauh dari TNI AD, Ketika sudah menemukan SDN Mengker, belok di gang persis seberang SD, dan ikuti saja jalan tersebut.


foto jalur pendakian gunung batu jonggol
jalurnya greget bro! foto : http://denubay.blogspot.co.id/



Tips Berlibur Ke Gunung Batu :


  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Disarankan untuk berangkat lebih cepat (jangan terlalu malam) karena menurut informasi warga sekitar jalan menuju ke Gunung Batu masih rawan begal.
  • Apabila kamu menemukan tempat parkir pertama (setelah melewati gang di seberang SDN Mengker) lebih baik kamu tetap melanjutkan perjalanan menuju ke tempat parkir yang lebih dekat dengan Gunung Batu.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Camping ground dan puncak Gunung Batu cukup sempit, jadi datanglah saat hari biasa (senin-jumat) agar kamu tidak kehabisan tempat camp.






Harga Tiket Masuk :

Rp. 10.00/orang

Update Juli 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun


Akomodasi (Penginapan)

Belum terdapat penginapan disini, sebagai gantinya kamu bisa mendirikan tenda di kawasan Gunung Batu, selain lebih murah juga bisa lebih dekat dengan alam.



Lokasi :


  • Alamat ; Kp. Gunung Batu 01 Desa Sukaharja Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  • 48 Km dari pusat Kota Bogor melalui Jl. Tol Jagorawi (1 jam 44 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke gunung Batu



Wisata Terdekat Dari Gunung Batu :

Curug Cibengang (10 menit)

1 Response to "Info Wisata Di Gunung Batu, Gunung Mungil nan Cantik di Jonggol-tipscara"

Note: Only a member of this blog may post a comment.